KataK eMAs BeraCun!!!

Posted by : NdutEcy.EcyNdut di 06.36
Awas hati – hati teman-teman kalau ingin memegang katak, tidak semua katak dapat dengan mudah untuk dipegang loch. Ternyata ada beberapa katak yang memiliki racun, salah satu yang paling beracun adalah katak emas beracun Golden poison frog). Satu miligram racun katak dengan nama latin Phyllobates terribilis ini, mampu untuk membunuh 10.000 tikus kecil (mice) dan mampu untuk membunuh 10 – 20 manusia (waw… hebat yach….)
Katak ini ditemukan di hutan pegunungan Andes Colombia, Amerika Tengah (jauh juga yach...). Katak beracun ini hidup di hutan hujan dengan kelembaban tinggi. Katak dewasa panjangnya mencapai 5 cm. Warna yang mencolok merupakan tanda bahwa katak itu mempunyai racun. Racun yang dimiliki adalah racun alkaloid (batrachotoxin) yang menyerang saraf dan otot. Racun katak emas ini berada pada air liurnya. Jika terkena racunnya, bersiaplah untuk menderita gata-gatal dan pusing bagi manusia (aduh… hati-hatinya teman-teman). Sementara bagi mangsa atau musuhnya, begitu terkena air liur Katak Emas, binatang tersebut langsung mati. Racun Katak Emas juga terdapat pada kulitnya. 
Pada dasarnya katak ini tidak beracun, namun karena pengaruh konsumsi makanannya. Jadi katak ini memperoleh racun dari makanannya. Oleh karena kemampuannya untuk menghasilkan senyawa anti racun tersebut maka katak tidak teracuni. Makanan katak ini diataranya adalah serangga atau artropoda. Namum belum diketahui pasti dari makanan jenis apa sehingga katak bisa memiliki racun yang cukup mematikan. Namun demikian ada pengecualian pada ular Liophis epinephelus. Ular ini mampu bertahan dari serangan racun katak emas.

1 komentar:

Desfindah mengatakan...

nice info nih.. thx yah postingnya...

follow blog saya yah http://indahpunyaa.blogspot.com/

i have just followed your blog :D

Posting Komentar