....PaNda MerAh...

Posted by : NdutEcy.EcyNdut di 19.22
Panda merah (Ailurus fulgens, atau kucing bersinar), adalah mamalia arboreal kecil asli ke Himalaya timur dan barat daya Cina. Ini adalah satu-satunya spesies dari genus Ailurus. Sedikit lebih besar dari kucing domestik, memiliki bulu cokelat kemerahan, ekor, berbulu panjang, dan kiprah waddling karena kaki pendek nya depan. Ia makan terutama pada bambu, tetapi omnivora dan juga boleh makan telur, burung, serangga, dan mamalia kecil. Ini adalah hewan soliter, terutama aktif dari senja hingga fajar, dan sebagian besar menetap di siang hari. Hanya jauh terkait dengan panda raksasa.
Kepala dan tubuh panda merah 56-63 cm (22 hingga 25 tahun) yang panjang, dan ekor mereka sekitar 37-47 cm (15 sampai 19 tahun). Jantan berat 3,7-6,2 kg (8,2-14 lb) dan betina 4,2-6,0 kg (9,3-13 lb). Mereka sudah lama, bulu coklat kemerahan lembut pada bagian atas, bulu kehitaman pada bagian bawah, dan wajah cahaya dengan air mata tanda dan fitur tengkorak-gigi yang kuat. Wajah cahaya telah lencana putih serupa dengan sebuah rakun, namun masing-masing individu dapat memiliki tanda yang khas. Kepala agak bulat mereka memiliki telinga tegak berukuran sedang, hidung hitam, dan mata sangat gelap: hampir gelap gulita. Ekor panjang lebat mereka dengan enam bolak kekuningan cincin merah oker melintang memberikan keseimbangan dan kamuflase yang sangat baik terhadap habitat pohon lumut dan lumut-tertutup. Kaki berwarna hitam dan pendek dengan bulu tebal pada telapak kaki. Bulu ini berfungsi sebagai isolasi termal pada permukaan yang tertutup salju atau es dan menyembunyikan kelenjar aroma yang juga hadir pada anus.
Kehidupan panda merah antara 2.200 dan 4.800 meter (7.200 dan 15.700 ft) ketinggian, mendiami daerah suhu moderat antara 10 dan 25 ° C / 50 dan 77 ° F dengan sedikit perubahan tahunan. Ia lebih suka sulung dicampur pegunungan dan hutan konifer, khususnya dengan pohon-pohon tua dan understories padat bambu.
panda merah adalah pendaki yang sangat baik, dan makanan ternak terutama di pohon. Umumnya mereka makan bambu. Seperti Giant Panda, mereka tidak dapat mencerna selulosa, sehingga mereka harus mengkonsumsi sejumlah besar dari bambu untuk bertahan hidup. Makanan mereka terdiri dari bambu sekitar dua-pertiga, tetapi mereka juga makan buah, buah, jamur, akar, biji-bijian, lumut, dan rumput. Kadang-kadang, mereka suplemen diet mereka dengan burung muda, ikan, telur, tikus kecil, dan serangga. Dalam penangkaran, mereka siap makan daging. Mereka sedikit lebih dari makan dan tidur karena diet mereka rendah kalori.
Panda merah telah menjadi punah dari provinsi-provinsi Guizhou Cina, Gansu, Shaanxi dan Qinghai.
Di dunia sekarang populasi panda merah tidak lebih dari 10.000 ekor saja. Hmm… sangat disayangkan, hewan secantik ini harus terancam punah…


(Diambil dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar